Foto-Foto Yang Mengubah Sejarah Dunia

Indonesia Furniture Handicraft Wholesale Marketplace

Saat Jenderal Nguyen Ngoc Loan, kepala kepolisian Vietnam Selatan mulai menarik pelatuk pistol kearah seorang komandan gerilyawan vietkong, fotografer Associated Press Eddie Adams mulai menekan tombol shutter kameranya. Eddie Adams memperoleh penghargaan jurnalisme tertinggi, Pulitzer, lewat foto yang diambilnya ini. Namun lebih dari itu, foto ini mengubah opini masyarakat Amerika terhadap Perang Vietnam, memicu gerakan anti perang dan menginspirasi lahirnya generasi bunga di Amerika waktu itu. Bagi sang jenderal, foto ini membuatnya menjadi ikon kekejaman dan ejekan serta penolakan selalu menyertainya kemanapun dia pergi sampai akhir hayatnya.

Foto diatas didapatkan tahun 2001, dan sulit untuk mengingat sumber aslinya. Pak Dirman adalah Jenderal pertama dan termuda yang dimiliki Indonesia, salah satu teladan dan tokoh terbesar yang dilahirkan bangsa. Tokoh yang dikenal sangat teguh berpegang pada prinsip ini juga sangat tangguh. Dalam keadaan sangat lemah karena paru-parunya tinggal sebelah, dia memimpin gerilya selama 7 bulan menghadapi agresi militer ke-2, berpindah dari hutan ke hutan dengan ditandu dan tanpa pengobatan sama sekali. Hanya semangat pasukan dan kepasrahan dirinyalah yang menjaganya tetap tegar. Semangat dan keteguhan Pak Dirman terus menjadi penggerak perjuangan kala itu. Dan foto ini seharusnya terus menjadi pengingat “dunia Indonesia” akan begitu banyak nilai baik, prinsip dan keteguhan yang mulai luntur dimana-mana.


Kevin Carter berangkat ke Sudan dengan niatan untuk mengambil foto pemberontakan yang terjadi. Namun sesampainya disana, justru korban kelaparan-lah yang menarik minatnya. Dijalan dia mendapati seorang bocah perempuan kelaparan merangkak lemah susah payah menuju pusat pembagian makan, berhenti ditengah jalan dan mengumpulkan tenaga. Ditengah kejadian itu, seekor burung bangkai datang dan menunggu bocah tersebut. Carter-pun mengabadikan kejadian tersebut. Foto ini pertama dimuat dikoran New York Times, dan reaksi keras bermunculan mengkritik Carter yang tidak menolong gadis kecil ini. Carter beralasan dia sudah mengusir burung bangkai tersebut sesudah mengambil foto, namun tidak menolong si bocah karena konvensi fotografer yang tidak boleh ikut campur dalam konflik (?). kontroversi terus menghujani Carter, meskipun hadiah Pulitzer dia terima atas karyanya ini. Tahun 1994, Carter ditemukan bunuh diri dengan sengaja mengalirkan gas CO dari knalpot mobil kedalam ruangannya. Dia meninggalkan catatan yang isinya berupa penyesalan dan kesedihan karena tidak menolong si bocah, frustasi akibat terjerat hutang dan kesedihan karena sahabat karibnya tertembak. Foto ini selalu mengingatkan akan tragedi kemanusiaan di Afrika dan tragedi dalam dunia fotografi itu sendiri, keduanya memang tidak bisa dipisahkan.

Robert Capa memiliki pakem yang sangat terkenal, “Jika hasil fotomu tidak bagus, berarti kamu kurang dekat.” Sebelum era Capa, jurnalisme foto masih belum begitu dihargai. Robert Capa seperti menjadi penanda pentingnya jurnalisme fotografi yang kemudian menjadi sangat berpengaruh dibanyak peristiwa besar dunia. Karya Capa paling dikenal adalah serangkaian foto pendaratan Normandia dimana dia ikut dalam rombongan airborne yang mendarat di pantai Omaha -Perancis selama perang dunia 2. Terjebak dalam hujan peluru dan granat antara Sekutu - Jerman, dan selama beberapa jam awal berhasil mengambil 106 foto dari kamera Comtax berlensa pendek 50mm dan 6 roll film untuk mengabadikan invansi yang menjadi awal tumbangnya Adolf Hitler ini. Kesalahan yang dilakukan staf pencucian film membuat semua fotonya terlihat kabur, namun pakem Capa kemudian diikuti seluruh jurnalis foto sampai detik ini: mengabadikan peristiwa dari jarak sedekat mungkin. Karya Capa lainnya bisa anda lihat disini.


10.000 masa kulit putih nekad mengamuk dan menggelandang dua pemuda kulit hitam dari penjara, serta menghukum mereka dengan hukuman gantung tanpa keputusan hakim. Kedua pemuda ini dituduh memperkosa seorang gadis kulit putih, peristiwa terjadi di Marion-Indiana, dimana pengadilan massal sering sekali terjadi jika pelaku yang menjadi tertuduh adalah warga kulit hitam. Foto pengadilan masal seperti ini dulu sering dibuat menjadi postcard untuk menunjukkan supremasi kulit putih. Wajah mayat yang digantung berbanding kontras dengan kepuasan yang diperlihatkan warga, sebuah monumen kekejaman dan sikap barbarian…(ada yang punya foto pembakaran pencopet di jakarta nggak?


Demonstrasi sekitar 3000 mahasiswa di Beijing berubah menjadi demosntrasi masal jutaan rakyat Cina, meminta reformasi pemerintahan yang tidak adil. Selama 7 minggu, rakyat dan tentara berhadap-hadapan dan saling mengejek. Saat partai komunis mulai mengerahkan tank untuk membubarkan masa, seorang mahasiswa nekad menghadang laju sebarisan tank, berdiri tegap didepannya sambil memegang tas. Seorang pahlawan lahir. Pahlawan kedua lahir, saat pengemudi tank menolak perintah komandannya untuk melindas mahasiswa tersebut dan memilih berjalan memutarinya. Kejadian ini memang tidak berakhir indah karena pembantaian akhirnya terjadi di lapangan Tiananmen. Namun sejak itu masyarakat Cina mulai sadar, selalu ada harapan akan kesatuan antara tentara dan rakyatnya.

Saat bereksperiman dengan tabung sinar katoda yang ditambahi barium platinosianida, Rontgen terkejut ketika mendapati bahwa hasil foto ternyata menghasilkan efek pendaran yang berbeda. Menyadari kekuatan sinar yag dihasilkan tabung itu, Rontgen memotret tangan istrinya (perhatikan cincin kimpoi yang melingkar) dan membuat foto sinar X yang pertama. Sebelum itu, dokter tak pernah bisa melihat bagian dalam tubuh manusia kecuali membedahnya. Rontgen sendiri memperoleh hadiah Nobel fisika tahun 1901.

Legenda monster Lochness di Skotlandia sebenarnya sudah berhembus sejak abad ke 1, namun tidak sebelum foto diatas dicetak dan tersebar, cerita palsu ini menjalar keseluruh penjuru dunia. Foto ini bertanggungjawab atas puluhan tahun spekulasi, milyaran dolar uang dari kantong wisatawan yang datang dari seluruh dunia serta eksplorasi bawah air yang mahal dan menghabiskan tenaga. Semua gara-gara foto palsu ini. Christian Spurling, Marmaduke dan Ian Wetherell merakit monster palsu dari mainan kapal selam dan kayu dan mengambangkannya diatas danau, kemudian menjepretnya dengan kamera. Pengakuan mereka 60 tahun kemudian (1994) mengakhiri spekulasi tentang kebenaran cerita monster Loch Ness. Foto ini mungkin sekali adalah foto rekayasa pertama kali didunia, selain itu menandaskan kembali pernyatan “kamera tidak pernah berbohong… manusialah yang berbohong…”

Indonesia Furniture Handicraft Wholesale Marketplace




30 comments:

Anonim mengatakan...

ya memang dengan cara itu dunia ini bisa berkembang tetapi lebih baik kita mencari cara lain

noer mengatakan...

sebagai bukti sejarah dunia

Bagi Bagi Yuk mengatakan...

Kejam Kali. Hanya Karan Berbeda Kulit Bisa Melakukan Hal Seperti Itu. Sungguh Tidak Manusiawi

Anonim mengatakan...

Thanks for the good writeup. It in truth used to be a entertainment account it.
Glance complicated to far introduced agreeable from you!

However, how can we communicate?

Here is my web site: my explanation

Anonim mengatakan...

You really make it seem so easy with your presentation but I find
this matter to be really something which I think I would never understand.
It seems too complex and extremely broad for me.
I am looking forward for your next post, I'll try to get the hang of it!

Here is my site; NFL Jerseys Wholesale

Anonim mengatakan...

Wow that was strange. I just wrote an really long comment but after I clicked
submit my comment didn't show up. Grrrr... well I'm not
writing all that over again. Anyhow, just wanted to say wonderful blog!


Also visit my web-site: Wholesale NFL Jerseys

Anonim mengatakan...

I savour, lead to I discovered just what I was having a look for.
You have ended my four day lengthy hunt! God Bless you man.

Have a nice day. Bye

Look into my web page - Sidney Crosby Black Jersey

Anonim mengatakan...

It's remarkable in favor of me to have a website, which is good in support of my knowledge. thanks admin

Have a look at my weblog Kris Letang Black Jersey

Anonim mengatakan...

Hi my loved one! I wish to say that this post is amazing, nice written and include approximately all important infos.

I would like to peer extra posts like this .

Also visit my blog: Louis Vuitton Outlet Online

Anonim mengatakan...

Howdy are using Wordpress for your blog platform? I'm new to the blog world but I'm trying to get started and create my own.
Do you require any coding expertise to make your own blog?
Any help would be really appreciated!

Also visit my blog ... Solde Air Jordan

Anonim mengatakan...

I am truly pleased to glance at this weblog posts which contains plenty of valuable information, thanks
for providing these kinds of statistics.

Feel free to surf to my website - Louis Vuitton Bags

Anonim mengatakan...

An impressive share! I've just forwarded this onto a co-worker who has been doing a little homework on this. And he in fact bought me dinner simply because I discovered it for him... lol. So let me reword this.... Thanks for the meal!! But yeah, thanx for spending time to talk about this subject here on your web page.

My page: Louis Vuitton Handbags Outlet

Anonim mengatakan...

This post is actually a fastidious one it assists new web visitors,
who are wishing in favor of blogging.

Look at my web site; www.tedxyse.com

Anonim mengatakan...

It's going to be end of mine day, but before ending I am reading this wonderful piece of writing to improve my knowledge.

Feel free to surf to my web blog - Oakley Frogskins

Anonim mengatakan...

I loved as much as you will receive carried out right here.
The sketch is attractive, your authored subject matter
stylish. nonetheless, you command get got an edginess over that you
wish be delivering the following. unwell unquestionably come more formerly again since exactly the same nearly a lot often inside case you shield this hike.


my web-site ... slc-wireless.com

Anonim mengatakan...

Nice blog! Is your theme custom made or did you download it
from somewhere? A design like yours with a few simple
adjustements would really make my blog stand out.
Please let me know where you got your design. Appreciate
it

Here is my homepage; Cheap Jerseys3

Anonim mengatakan...

Appreciating the commitment you put into your blog and in depth information you offer.
It's awesome to come across a blog every once in a while that isn't the same unwanted rehashed information.

Fantastic read! I've saved your site and I'm adding your RSS
feeds to my Google account.

Feel free to surf to my blog post: Http://Cheapnfljerseys.Wsmisports.Com

Anonim mengatakan...

Thank you for the good writeup. It in fact was a amusement account it.
Look advanced to far added agreeable from you!
However, how could we communicate?

Also visit my webpage: www.explorethecapabilities.com

Anonim mengatakan...

Hi there just wanted to give you a quick heads up.
The text in your post seem to be running off the screen in Opera.
I'm not sure if this is a format issue or something to do with browser compatibility but I thought I'd post to
let you know. The design look great though! Hope you get the issue resolved soon.
Kudos

Also visit my webpage: www.tedxyse.com

Anonim mengatakan...

Right here is the right webpage for everyone who really wants to find out about this topic.
You know so much its almost tough to argue with you (not that I personally would
want to…HaHa). You certainly put a fresh spin on a topic that's been discussed for ages. Great stuff, just excellent!

Feel free to visit my web blog :: Sac A Main Louis Vuitton

Anonim mengatakan...

Hi, just wanted to tell you, I loved this blog post. It was funny.

Keep on posting!

Also visit my web page - Evgeni Malkin Authentic Jersey

Anonim mengatakan...

Your way of describing everything in this paragraph is truly
good, every one be able to simply be aware of it, Thanks a
lot.

my homepage :: Louis Vuitton Outlet

Anonim mengatakan...

This info is priceless. When can I find out more?

Here is my web site Wholesale Jerseys Cheap

Anonim mengatakan...

What's Taking place i'm new to this, I stumbled upon this I have found It positively useful and
it has helped me out loads. I am hoping to give a contribution &
help other customers like its helped me. Good job.

Take a look at my website ... tory burch flats

Anonim mengatakan...

Your way of telling the whole thing in this piece
of writing is really nice, all be able to effortlessly be aware of it,
Thanks a lot.

My blog; more

Anonim mengatakan...

Neat blog! Is your theme custom made or did you download it
from somewhere? A theme like yours with a few simple adjustements
would really make my blog stand out. Please let me know where you got your design.
Thanks a lot

Feel free to visit my blog post NFL wholesale Jerseys

Anonim mengatakan...

Way cool! Some extremely valid points! I appreciate you penning this write-up and the rest of the website
is also very good.

My web-site: Boutique Guess

Anonim mengatakan...

Hmm it looks like your site ate my first comment (it was extremely long) so I guess
I'll just sum it up what I submitted and say, I'm thoroughly enjoying your blog.
I as well am an aspiring blog writer but I'm still new to the whole thing. Do you have any tips and hints for rookie blog writers? I'd definitely appreciate it.


Here is my web blog; Air Max Pas Cher

Anonim mengatakan...

Very nice post. I certainly love this site. Keep writing!



Also visit my web page; Cheap Jerseys

Anonim mengatakan...

I'm extremely pleased to find this site. I want to to thank you for ones time just for this wonderful read!! I definitely enjoyed every little bit of it and I have you saved to fav to check out new stuff in your blog.

Posting Komentar

Ayo comment sebanyak-banyaknya,dan jadilah top comment di myokezone.Dan dapatkan backlink gratis di halaman Home..